Print This Post Print This Post
Bad Mood VS Food

Bad Mood VS Food

Asupan makanan yang kita makan ternyata bisa mempengaruhi kondisi psikis kita lho !!!

Bukan mengada-ada tetapi ini ada hasil risetnya juga.
Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Melbourne Australia menunjukkan bahwa mereka yang lebih banyak mengonsumsi makanan modern seperti hamburger, pizza dan makanan olahan lainnya, lebih gampang mengalami bad mood daripada mereka yang mengonsumsi banyak makanan rumahan (maksudnya disini sayur mayur, lauk, dan buah segar).
Kesimpulan ini dirangkum setelah mereka melakukan penelitian terhadap 1046 perempuan usia 20 hingga 90 tahun selama lebih dari 10 tahun.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan oleh  American Journal of Psychiatry, makanan olahan, makanan penuh tambahan bahan kimia, dan tinggi lemak berpengaruh buruk pada mood. Sebaliknya, makanan segar misalnya sayuran, buah, makanan yang diolah dari gandum, produk turunan susu rendah lemak, daging tanpa lemak, makanan rumahan lainnya akan mendukung kesehatan fisik dan kestabilan emosi.

Dari total 925 perempuan yang diteliti, sebanyak 121 orang mengalami kecenderungan depresi dan kecemasan berlebihan. Saat diteliti lebih jauh pada kebiasaan makannya, ternyata mereka secara rutin mengonsumsi makanan ala barat yang dikenal sebagai junk food seperti burger, pizza, makanan manis olahan, soft drink, dan sebagainya.

Sedang 30 persen responden hanya sesekali menunjukkan gejala ketidakseimbangan emosi. Setelah diteliti, ternyata mereka lebih banyak mengonsumsi diet tradisional, yaitu makan dengan lebih banyak sayur, buah, ikan, daging sapi, kambing muda, dan gandum.
Penelitian ini selain tentang makanan yang dikunsumsi juga melihat faktor usia, berat badan, status sosial dan ekonomi, pendidikan, aktivitas fisik, serta kebiasaan hidup antara lain berupa rokok dan minuman keras.

Secara kontras, mereka yang mengonsumsi hanya buah-buahan, sayur, ikan, tahu organik, kacang-kacangan, yogurt, hampir dikategorikan sebagai bisa mengendalikan emosi mereka.

So… sudah saatnya kita mengurangi junk food dan pilihlah health food only demi kehidupan yang lebih baik   XD


Read in another language :   by Google Translate

See also:

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment